PERAN SOSIAL INDIVIDU DALAM INTERNET


PERAN SOSIAL INDIVIDU DALAM INTERNET



Apa itu internet? Dalam artikel yang ditulis oleh James Slevin, internet adalah jaringan global sistem perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang saling berhubungan, memungkinkan penyimpanan, pengambilan, sirkulasi, dan pemrosesan informasi dan komunikasi lintas waktu dan ruang. Slevin, J. (2007). 

Dari pengertian di atas, saya menggunakan internet untuk banyak hal, mulai dari mencari informasi, sebagai jaringan komunikasi, untuk social networking, mencari hiburan dikala penat, sebagai alat belajar dan juga untuk kegiatan ekonomi.

Mengapa saya menggunakan internet untuk semua hal di atas yang saya sebutkan? Karena menurut saya internet itu mudah, murah dan cepat. Kenapa? Karena jika saya terburu – buru ingin membicarakan sesuatu dengan orang lain namun jauh, saya bisa menggunakan internet untuk alat komunikasi. Atau saat saya ingin mengunjungi suatu tempat, namun saya tidak tahu jam berapa tempat tersebut buka dan tutup saya biasa menggunakan internet untuk memastikannya. Internet sangat berguna untuk saat ini karena cepat dan mudah.

Bagaimana saya menggunakan internet?

1.      Untuk mencari informasi

Seperti yang sudah saya tulis diatas, saya menggunakan internet untuk mencari informasi terkait suatu tempat, namun tidak hanya untuk itu saja. Saya juga biasa menggunakan internet untuk mencari informasi tentang wabah yang sedang terjadi, Covid – 19. Contoh nya seperti ini


Banyak informasi yang dapat kita temukan dalam satu pencarian, semua yang berhubungan dengan Covid – 19 akan muncul dalam laman internet.

Mulai dari bahasa Indonesia, hingga bahasa lainnya. Dengan hasil 538.000.000 (0,41 detik), dilihat dari laman google yang tertera.

2.      Sebagai jaringan komunikasi

Saat masa PSBB seperti ini, jika tidak ada internet akan sangat sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain. Memang ada telefon biasa atau SMS, namun menggunakan fitur telefon biasa dan SMS untuk saat ini terbilang lebih mahal dibanding dengan menggunakan internet.

 

Dengan adanya internet, saya bisa lebih mudah dan cepat untuk menghubungi siapapun yang saya mau. Tidak hanya bertukar chat, foto atau voice note internet pun bisa untuk telefon bahkan telefon video / video call. Hal ini sangat memudahkan sekali, apalagi tahun ini seperti nya tidak bisa mudik lalu tinggal gunakan saja fitus video call untuk telefon sambil bertatapan muka dengan keluarga.

3.      Sebagai sarana social networking

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat terpisah dari manusia lainnya dan membutuhkan hubungan interaksi dengan individu lainnya. Dengan bantuan internet, kita dapat menjangkau orang jauh sekalinpun untuk berinteraksi, contohnya seperti penggunaan twitter


Dengan twitter, kita berhubungan dapat dengan siapapun. Termasuk dengan idola kita seperti artis, penyanyi dan lainnya. Tidak hanya itu, kita juga bisa bertemu dengan individu lainnya yang menyukai hal yang sama dengan kita. Internet sebagai social networking sangat memudahkan sekali!

4.      Sebagai entertainment atau hiburan

Saat merasa bosan dan penat dengan apa yang kita lakukan, biasanya manusia mencari hiburan. Banyak hiburan yang ditawarkan di internet, salah satunya youtube.

 

Dengan adanya internet sebagai hiburan, hari – hari yang lelah bisa sedikit terobati.

5.      Sebagai alat belajar

Saat ini belajar tak hanya bisa dari buku saja namun bisa juga dari internet. Contoh seperti google cendekia dan google books.

 


Ada banyak buku dan jurnal yang ditampilkan. Hal ini sangat membantu saat buku tak terbeli atau “kepepet” harus mengerjakan tugas dengan jurnal. Tak hanya dari kedua itu, masih banyak juga web atau platform yang menyediakan buku atau keperluan pendidikan.

6.      Untuk kegiatan ekonomi

Ada banyak hal yang bisa kita rasain dari penggunaan internet. Selain hal yang udah disebutin diatas, yang terpenting internet juga bisa kita gunain untuk kegiatan ekonomi! Ada banyak tempat untuk kia mulai berjualan, salah satu contohnya yaitu Tokopedia.

 

Nggak hanya kita memakai web atau platform yang udah ada, tapi bisa juga kita buat web sendiri, lho. Selain itu bisa juga melalui video yang kita buat, seperti di Youtube. Sekarang ini hamper semua media sosial bisa dipakai untuk kegiatan ekonomi. Makin kesini internet memang makin canggih ya!

 Peran sosial individu dalam internet

    Internet sangat memudahkan segala hal. apalagi saat terjadi wabah COVID-19 ini. Saat ini internet pasti menemani kehidupan kita. Mulai dari untuk berkomunikasi hingga tempat melakukan bisnis. Banyak tempat usaha yang tadinya ia hanya melayani secara offline karena melihat besarnya peluang untuk mempromosikan lewat media sosial, mereka pun membuat bisnis nya bisa diakses secara online. Biasanya para tempat usaha memberi produk mereka untuk dipromosikan kepada masyarakat ke orang - orang yang mempunyai "pengikut" yang tidak sedikit, atau bisa juga diberikan kepada artis. Tapi selain memberi produk dagangannya, mereka juga harus membayar fee atau harga yang harus dibayarkan untuk endorsement. Nah endorse ini adalah bentuk promosi untuk menarik konsumen. Harga endorse untuk tiap orang pun berbeda tergantung masing - masing mematok harga. Nah setelah itu, para influencer atau artis pun akan melakukan promosi. Menakjubkan efek endorse ini karena jika diberi pada orang yang memiliki pengikut banyak dan ia memberi efek positif pada pengikutnya, tempat usaha tersebut akan mendapat feedback yang sangat menguntungkan.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Slevin, J. (2007). Internet. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/9781405165518.wbeosi061. Diakses pada 12 Mei 2020 pukul 06:12.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Bahasa Indonesia Mengenali Diri Sendiri

RESUME JURNAL INTERNASIONAL